Kamis, 14 Desember 2017

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula


Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memulai bisnis anda:
  1. Niat
    Niat adalah point utama yang harus dimiliki saat akan memulai bisnis. Karena jika tidak ada niat, maka akan sulit memulai. Niat juga akan memicu motivasi diri agar bisnis yang sudah Anda inginkan bisa berjalan. Sebaik-baik niat kita melakukan segala sesuatu adalah kita mulai bisnis ini untuk mencari rizki dari Allah SWT, karena Allah SWT sudah mengatakan lewat Nabi-Nya bahwa " 9 dari 10 pintu rizki ada di perdagangan (perniagaan) sisanya ada di peternakan" , yang pada akhirnya rizki itu dimanfaatkan untuk beribadah kepadaNya. 
  2. Atur Mindset
    Untuk memulai bisnis Anda harus berani mengatur mindset atau pola pikir tentang bisnis. Karena banyak orang yang gagal untuk membangun bisnis disebabkan pola pikir yang salah tentang bisnis. Sebagian besar orang mengira bisnis itu karus memiliki modal yang besar, nyatanya banyak pengusaha sukses yang dulunya memulai bisnis dengan modal pas-pasan. Anda juga harus berifikir bahwa dalam menjalani suatu bisnis yang terpenting adalah prosesnya, bukan hasilnya saja. Hal ini karena untuk mencapai bisnis yang sukses, seorang pebisnis pasti pernah mengalami proses bahwa seseorang harus melewati proses gagal dan harus bekerja dengan keras untuk mengembalikan dan mengembangkan bisnisnya. Pada intinya dalam bisnis tidak ada yang namanya instan langsung sukses. Jadi Anda harus siap gagal dan juga harus siap bangkit kembali.
  3. Tentukan Konsep Bisnis yang tepat
    Mulailah dengan merencanakan dan menentukan konsep bisnis yang tepat. Anda bisa mencoba bisnis sesuai dengan hobi atau passion Anda. Keuntungan membangun bisnis yang sesuai hobi adalah saat bekerja akan lebih senang dan sepenuh hati sehingga pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih mudah. Banyak pengusaha sukses yang membangun bisnis dari hobi dan passion mereka sehingga mereka lebih mudah untuk meraup keuntungan. Selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan bisnis atau usaha apa yang bagus untuk jangka panjang sehingga bisnis Anda akan tetap bertahan di masa depan.
  4. Fokus Pada Konsep Bisnis yang Telah Dipilih
    Jika sudah memilih konsep dan jenis bisnis apa yang akan dijalankan, maka Anda tinggal fokus pada bisnis tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait bisnis tersebut seperti bahan baku dibutuhkan hingga bagaimana strategi pemasarannya Nah, jika sudah memiliki satu konsep bisnis, maka biasanya orang tergiur mencoba konsep bisnis lain dan berfikiran menjalankan dua konsep bisnis yang berbeda secara bersamaa. Cara ini sangat tidak disarankan karena hal ini akan membuat fokus Anda terbagi yang akan mengakibatkan bisnis Anda tidak terorganisir dengan baik dalam perencanaan atau pelaksanaanya.
  5. Berfikir Kreatif
    Berfikir kreatif bisa dilakukan dengan cara mengembangkan konsep yang telah dibuat. Hal ini bermafaat agar bisnis yang akan Anda jalani memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Misalnya adalah jika Anda akan mencoba bisnis catering, maka Anda bisa mengkreasikan membuka jasa catering dengan menu untuk orang-orang yang sedang diet. Hal ini akan membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis catering pada umumnya yang menyediakan jasa masakan untuk pertemuan atau acara pesta. Dengan memiliki bisnis yang berbeda, Anda bisa mengurangi saingan bisnis karena jasa catering menu makanan diet masih sedikit. Perbanyak ide bisnis yang ada dengan menerapkan berapa perubahan. Bisa menggunakan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
  6. Pelajari Situasi Pasar
    Mempelajari pasar menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi Anda yang baru akan memulai bisnis. Cara ini dimaksudkan agar Anda tepat mencari target konsumen yang nantinya berpotensi membeli atau memakai produk atau jasa usaha Anda. Misalnya saat akan mencoba bisnis makanan, Anda mencari tahu kira-kira makanan apa yang sedang trend di daerah Anda, dan siapa saja yang target konsumennya. Dengan mempelajari situasi pasar saat bisnis Anda sudah berjalan maka akan lebih mudah mencari konsumen.
  7. Mau Belajar
    Teruslah belajar, dan jangan sungkan meminta pendapat orang lain mengenai bisnis Anda. Hal ini untuk memperbaiki kekurangan yang  tidak Anda ketahui ada pada bisnis Anda sehingga segera diperbaiki. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengusaha di bidang yang sama dengan yang anda jalani, jangan gengsi karena setiap manusia tidak ada yang sempurna dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.
  8. Mulai Action
    Setelah semuanya telah direncanakan dan dipersiapkan, Anda harus segera bertindak dan jangan menunda untuk menjalankan bisnis. Mulailah promosikan produk atau jasa usaha Anda kepada rekan-rekan, tetangga, dan keluarga. Kemudian mintalah mereka untuk membantu promosikan produk atau jasa usaha Anda ke rekan-rekan dan keluarga mereka. Jika beberapa orang sudah mencoba produk dan jasa usaha Anda dan mereka merasa senang serta puas, maka mulailah untuk menjual produk Anda ke masyarakat luas. Anda bisa menjual produk Anda secara langsung atau secara online.


0 komentar:

Posting Komentar