Selasa, 12 Desember 2017

Usaha yang Cocok di Kampung


Berikutnya adalah beberapa contoh ide serta gagasan untuk menemukan peluang usaha dan bisnis yang tepat, jika kita tinggal di wilayah perkampungan atau desa yang tidak terlalu padat penduduknya.

#1. Usaha ternak dengan modal kecil.
Pada umumnya bisnis peternakan memang memerlukan modal yang cukup besar, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada peluang bisnis dalam bidang ini yang bisa dipilih meskipun dengan keterbatasan modal.
Pada poin ini hanya akan mengulas bentuk usaha dan bisnis ternak yang paling cocok untuk dijalankan dengan ketersediaan anggaran modal kecil, namun tetap berpotensi dapat memberikan penghasilan serta keuntungan yang bisa dikatakan tidak akan mengecewakan.
Seperti misalkan mengelola ternak jangkrik dan semut untuk pakan burung kicau, ternak siput (bekicot), ternak kelinci, ternak merpati dan masih banyak lagi ragam usaha agribisnis yang dapat dijalankan dengan keterbatasan modal.
Ternak semut pakan burung sangat menjanjikan
Ternak siput bekicot dengan mudah hasil melimpah
Usaha ternak jangkrik pakan burung kicau

#2. Usaha tambal ban motor.
Sepintas bentuk pekerjaan ini memang kurang cocok mengingat di wilayah kampung yang pupulasinya belum sepadat daerah perkotaan.
Akan tetapi jangan pernah meremehkan potensi dari usaha yang satu ini, mengingat jaman sekarang hampir setiap orang sudah dapat dipastikan memiliki kendaraan bermotor sebagai sarana aktifitasnya.
Nah, bisanya di kampung akan sangat sulit ditemui tukang tambal ban, padahal kejadian orang yang mengalami ban bocor hampir setiap hari ada.
Jika anda memiliki cukup waktu luang di rumah, apa salahnya kalau menyediakan alat tambal ban serta memasang papan nama agar mereka tidak perlu melangkah lebih jauh membawa motornya jika mengalami kerusakan ban.
Usaha tambal ban dan servis motor

#3. Usaha jualan bensin eceran
Bahan bakar minyak adalah salah satu dari kebutuhan pokok yang sudah tidak bisa ditinggalkan lagi oleh masyarakat jaman sekarang ini.
Jika hendak memulai bisnis ini dengan modal yang terbatas, maka kita tidak perlu untuk menyetok jumlah bensin dalam kapasitas besar selayaknya pertamini.
Karena dikampung pada umumnya sangat jauh dengan SPBU, maka jenis usaha rumahan yang satu ini terbilang cukup potensial dan menjanjikan.
Sebab bisa dipastikan akan tetap memperoleh pembeli atau konsumen serta tidak akan ada kawatir terhadap resiko dagangannya tidak laku terjual.

#4. Jualan Sayur Keliling
Sayur menjadi konsumsi sehari-hari, dan sekarang masyarakat di perkampungan telah terjadi pergeseran nilai sosial ekonomi dimana banyak kalangan ibu-ibu lebih memilih menunggu tukang sayur keliling datang, ketimbang harus datang ke pasar. Padahal jika kita mau membandingkan harganya dari tukang sayur keliling dengan langsung beli dipasar harganya sangat jauh. Tetapi nyatanya mereka tetap memilih setia untuk beli di tukang sayur keliling. Ini menandakan jualan sayur keliling bisa sangat potensial menghasilkan pundi-pundi uang.

#5. Menyediakan Air Minum Isi Ulang
Masyarakat diperkampungan apalagi di daerah yang miskin air bersih, akan lebih menjanjikan jika kita bisa membuka usaha menyediakan air minum isi ulang, dan bisa di antarkan langsung ke rumah-rumah. Sekarang ini, kebanyakan orang di mau dikampung atau di kota tidak mau ribet-ribet. Tinggal telpon pesanan sudah datang.

#6. Penyedia jaringan internet WiFi.
Akhir akhir ini kebutuhan akses internet sudah semakin meningkat dan tidak dapat dibendung lagi bahkan sampai ke pelosok pedesaan.
Mengingat layanan dari profider seluler yang terkadang masih kurang menggembirakan, maka peluang bisnis menjadi penyalur jaringan internet WiFi adalah salah satu ide usaha yang pantas untuk dilirik.
Beberapa poin di atas adalah termasuk dalam contoh ide serta gagasan dalam melihat situasi atau peluang guna menentukan jenis bisnis atau usaha apa nantinya yang paling tepat untuk dijalankan, sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.
Dengan kebutuhan anggaran modal usaha yang tidak terlalu besar, serta proses pengerjaannya yang dapat dilakukan dirumah sendiri, setidaknya kita bisa merencanakannya mulai sekarang, mana salah satu yang lebih cocok dan kita juga harus mampu untuk mengelolanya.

Usaha rumahan sering pula di anggap sebagai bentuk bagian dari usaha sampingan, karena memang pada dasarnya merupakan sebuah aktifitas yang tidak terlalu besar, dan tidak perlu melibatkan banyak orang untuk dipekerjakan.

1 komentar: