Senin, 16 April 2012

Percuma Kuliah Jika Hanya Jadi Kuli Orang (Mesti Baca..!!)

“percuma kuliah jika hanya jadi kuli orang..”,

Begitulah obrolan ringan saya dengan teman yang telah bertahun-tahun menjadi kuli orang.Sebuah kesimpulan yang perlu dikaji dan bahkan dibenarkan.
Agak melintas dari pemahaman banyak orang yang menganggap bahwa kuliah tidaklah begitu menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia abad ini. Secara total-totalan sudah terhitung berapa banyak jumlah sarjana dinegeri ini yang mandul?,alias mengenaskan dibodohi oleh gelar kesarjanaan yang berhasil dia sandang.?

Sekarang bukan zamannya membangga-banggakan gelar sarjana. Sarjana hanya akan dipandang sebelah mata oleh masyarakat jika selepas kuliah kualitasnya tak ubahnya sama dengan yang tidak kuliah.

Jika boleh memilih,kebanyakan manusia kekinian akan lebih memilih menekuni sebuah unit usaha yang akan menghasilkan uang dan menyejahteraakan kehidupan,ketimbang berkutat dengan ilmu-ilmu yang hanya bersifat teoritis dan nir-praktek.
Percuma jika hapal ribuan rumus matematika,tapi cuma jadi amoeba dan parasit yang menempel dipundak orangtua.
Harusnya sarjana di era ini menjadi motor penggerak untuk menciptakan lowongan pekerjaan,merintis usaha yang mampu memanfaatkan antara teori kuliah dengan kenyataan yang ada dilapangan.Sekecil apapun seorang sarjana harus punya pandangan ke arah sana.
Di setiap perkuliahan selalu ada matakuliah tentang kewirausahaan,hal ini dimaksudkan supaya menyiapkan sarjana dengan kompetensi yang bisa dimanfaatkan dibidang apapun,termasuk wirausaha.

Jika hari ini masih ada anggapan dari para mahasiswa yang kuliah,setelah lulus dia bekerja menjadi karyawan,jabatan enak,kerjaan nyaman,dia betah terus disana,dan tak terasa dia sudah tua sudah lanjut usia.Dan tenaganya sudah tak lagi dibutuhkan,setelah itu dia akan dipecat.

Apakah hanya untuk itu kita kuliah..??
apakah hanya ingin dapat pekerjaan enak…? gaji yang tinggi..?
Jika jawabannya “IYA”

hendaknya dari sekarang berhentilah kuliah,dan bekerjalah dengan giat,pasti tanpa kuliah kita bisa mendapatkan itu.
=============================
Salam Sukses selalu…

5 komentar:

  1. sangat setuju... kuliah bener2 HANYA mencetak kuli2 bermental budak.

    BalasHapus
  2. hemm...:) Semoga bermanfaat bagi yang membacanya...
    Salam Pertemanan

    BalasHapus
  3. gua pgn jadi BOS bukan jadi KULI

    BalasHapus
  4. Lulus Kuliah tuh seharusnya bukan menjadi Kuli Orang tapi Sarjana itu peluang untuk membuka LAPANGAN PEKERJAAN

    BalasHapus