Senin, 06 Agustus 2012

Orang Tua Kaya Anak Ikut Kaya, Bagaimana Nasib Orangtua Jika Anak yang Kaya..?

Orang terkaya di daerah tempat tinggal saya itu, punya seorang ibu yang sudah lanjut usia, dia jarang sekali terlihat, karena dia berkutat didalam rumah menyediakan segala keperluan anak dan cucunya. Meski dia melakukan itu dengan penuh keilkhlasan melayani, namun dalam ukuran kepantasan maka tidak semestinya orangtua yang sudah lanjut usia, dibiarkan melayani kepentingan anak dan cucunya.

***

Lain halnya dengan kondisi keluarga yang lain dimana, orangtuanya sukses menjalankan bisnisnya dan berhasil menjadi orang yang sukses dan kaya raya. Namun sayang dia hanya punya anak tunggal, dan mereka meberlakukan anaknya layaknya raja. Dimana apa saja permintaan sang anak, tidak bisa mereka tolak. Mulai dari permintaan yang biasa sampai yang luar biasa, tetap saja orangtuanya akan mengabulkan permintaannya.


***

Jika di izinkan maka pernyataan ini bisa berlaku
” orangtua kaya anak ikut kaya, sedangkan jika anak yang kaya orangtuanya jadi babu (pelayan) “ 
Meski pernyataan di atas tidak mutlak kebenarannya, namun jika banyak melihat fakta yang ada dilapangan sekarang ini, sejenak pernyataan di atas bisa saja di benarkan.
Fenomena ini saya rumuskan dari banyak fenomena didaerah tempat tinggal saya. Dimana orangtua yang kaya, jika mereka memiliki anak, maka anaknya akan ikut kaya. Sedangkan sebaliknya jika ada anak yang kaya, maka kebanyakan orangtuanya akan menjadi pelayannya, atau kasarnya  ” babu”. Namun hal itu tidak berlaku untuk  anak yang baik, dimana anak yang baik adalah memberlakukan orangtuanya pada tempat yang mulia. Menghormati orangtua adalah kewajiban seorang anak.

0 komentar:

Posting Komentar